10
Des
09

Teman Sejati Ku Hadir Kembali

Oleh : Efrael T. Sitohang

Batapa sukanya hatiku saat ini, teman-teman sejatiku itu sudah hadir kembali. Ya… sungguh menjadi kado advent yang sangat indah buatku. Di minggu-minggu penyambutan hari kelahiran Sang Juru Selamat Tuhan Yesus Kristus, wujud teman sejati itu hadir lagi dalam hati setiap anggota TW6C dalam latihan rutin koor TW6C  Senin malam 7  Desember 2009. Terima kasih Tuhan, Engkau sungguh ajaib. Petolongan-Mu selalu datang tepat waktu dan Indah pada waktunya.

Berawal dari Undangan untuk melayani dalam acara Natal Bersama yang datang dari Punguan Parsahutaon Puri Harapan kepada TW6C melalui aku (sebagai Ketua TW6C) pada hari Sabtu 5 Desember 2009. Undangan ini disampaikan oleh Ketua Parsahutaon Puri Harapan kepada ketua TW6C yang kebetulan duduk sebagai salah satu pengurus harian di Parsahutaon Puri Harapan. Terbersit keraguan di hatiku saat itu, apakah nanti kawan2 di TW6C mau menghadiri acara ini? Tapi dengan mengucap doa dalam hati “Tuhan pasti bekerja”, aku menerima undangan itu dan mengatakan akan menyampaikannya kepada TW6C.

Keraguan itu sempat muncul kembali selepas acara kebaktian minggu tanggal 6 Desember 2009 di HKBP Pejuang. Saat aku bertemu dengan Amang H. Silitonga. Sambil bersalaman dengan beliau, aku mengingatkan tentang latihan rutin hari Senin malam “Lae latihan kita hari senin ya, untuk persiapan lagu natal, ada undangan natal untuk koor kita” ucapku saat itu. Kemudian dijawab Amang itu dengan sedikit perasaan emosi yang tertahan : “Okelah, … tapi nanti aku perlu bicara dulu di punguan saat latihan… aku lihat sudah ada yang tidak beres dengan anggota punguan ini” kata beliau. “Wah.. bisa rame lagi ini”, pikirku saat itu.

Hari senin siang kembali aku sibuk memencet huruf2 di hpku untuk mengirim sms kepada seluruh anggota agar semua datang dalam latihan koor senin malam pukul 20.00 WIB. (Aktivitas “kirim sms” ini sempat kuhentikan beberapa waktu lalu karena kesal dan ingin melihat apakah tanpa diingatkan, teman2 anggota TW6C akan datang latihan? Dan jawabannya : ternyata hanya sebagian kecil yang ingat walau tidak diingatkan dgn sms.) “Latihan koor di gereja pukul 20.00 WIB untuk persiapan lagu natal, asa ro ma hita sude ate!” begitu kutuliskan dalam sms ku kepada teman2 anggota TW6C. Hari pun beranjak malam, waktu latihan koor TW6C pun semakin dekat. Pada saat makan malam, dalam doa makan bersama istriku kuucapkan doaku meminta kepada Tuhan agar suasana latihan koor TW6C nanti bisa berlangsung dalam suasana yang kondusif, tidak ada percekcokan dan suasana hati yang panas lagi.

Pukul 20.15 WIB aku dan istriku tiba di Gereja HKBP Pejuang. Masih sedikit yang  hadir (cuma 4 orang plus guru koor Lae E. Silitonga). Salam2 sedikit, gak lama menyusul anggota yang lain berdatangan satu demi satu. Setelah cukup komplit dan perwakilan setiap suara sudah hadir semua serta waktu pun sdh menunjukan pukul 20.30 WIB, akhirnya semua sepakat untuk memulai latihan. Aku memimpin doa pembukaan, dalam doaku kembali kuminta pada Tuhan agar Tuhan menjaga hati kami anggota TW6C supaya tetap dipenuhi kasih kepada sesama anggota dan tidak larut dalam pertentangan yang diciptakan si Iblis, dilanjutkan dengan pembacaan almanak yang kukutip dari http://www.rumametmet.com. Usai pembacaan almanak renungan harian, waktu kuserahkan kepada guru koor untuk memimpin latihan. Suasana sempat agak dingin dan sedikit kaku, namun semakin lama suasana dingin membeku itu mulai mencair dan semakin hangat. Apalagi kemudian, walau agak telat Kel. L. Sagala dan Nyonya hadir dalam latihan. Biasalah kalau Amang sagala sudah bikin guyonan, semua akan ter-wakakakwkwk.

Lagu “Nang Humuntal Pe Angka Robean” karya sang Maestro Gorga (Bonar GultoM) dipilih untuk dilatih malam itu, dengan pertimbangan lagu ini sudah pernah dibawakan dengan baik oleh TW6C  dan kebetulan lagu ini juga akan dijadikan sebagai lagu koor gabungan wijk dalam acara natal bersama Ama dan Parompuan HKBP Pejuang tanggal 26 Desember 2009. Kenangan saat menyanyikan lagu “Nang Humuntal pe Angka Robean” ini dengan baik waktu pelayanan dalam ibadah Minggu sebelumnya ternyata juga sedikit banyak membantu terciptanya kembali kehangatan dan keakraban sesama anggota TW6C dalam latihan koor malam itu.

Selesai latihan koor kembali aku menyampaikan pengumuman2 kepada semua anggota, pertama meminta kesediaan seluruh anggota TW6C supaya dapat menghadiri undangan Perayaan Natal Parsahutaon Puri Harapan pada hari Sabtu 12 Desember 2009 pukul 18.00 WIB yang sepertinya diiyakan oleh semua anggota dan kedua latihan pemantapan yang sepertinya perlu dilaksanakan agar dalam pelayanan nanti tidak terjadi kesalahan dalam bernyanyi dan pemantapan itu disepakati akan dilaksanakan Malam ini Kamis 10 Desember 2009 di rumah Kel. L.J Sihombing/ Br. Silalahi. Ada yang sedikit lucu dan menambah suasana akrab dalam memilih tempat latihan pemantapan koor. Amag L.J. Sihombing bersedia latihan di rumahnya dengan syarat Nyonya Ketua TW6C yang menyediakan konsumsi “Mie Gomak”nya. Terjadilah acara bujuk – membujuk dan rayu -merayu disini, yang pada akhirnya disepakati baik dari Kel. L.J. Sihombing sebagai penyedia tempat dan Kel E. Sitohang penyedia “Mie Gomak”. Setelah doa penutup, acara kongkow2 dilanjutkan di halaman gereja. Disinilah baru jelas semua. Amang H. Silitonga menjelaskan maksud ungkapannya saat kami ketemu seusai acara kebaktian minggu. “Senang hatiku melihat latihan kita malam ini Lae, terus terang aku agak sedih dan sedkit geram hari Minggu kemarin, kulihat wijk yang lain makin kompak, koq kenapa wijk 6 ini makin mellep. Hal2 seperti itu jangan kita diamkan, harus selalu ditanyakan Lae kepada anggota” kata beliau menjelaskan. Ada kelegaan yang besar saat itu, kuasa Tuhan bekerja, ternyata latihan TW6C berlangsung dengan kondisif dan suasana yang akrab.


0 Responses to “Teman Sejati Ku Hadir Kembali”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Radio Online

Waktu Hari ini :

performing arts
Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter performing arts
free counter

BeasiswA n’ Lowongan Kerja

Info Beasiswa D1 D3 S1 S2

Blog Stats

  • 31,987 hits

IP-Ku

My Popularity (by popuri.us)
Desember 2009
S S R K J S M
« Nov   Jan »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Info Geotoolbar

performing arts
Please do not change this code for a perfect fonctionality of your counter performing arts
free counter

Nilai Blog’s TW6C

free counters

Peta Lokasi Pengunjung :


%d blogger menyukai ini: